FJ Beton

PERBEDAAN GENTENG BETON DAN GENTENG TANAH LIAT

Produsen Genteng Beton dan Paving Block
PERBEDAAN GENTENG BETON DAN GENTENG TANAH LIAT

Jika kamu mau memulai membangun rumah, genteng adalah salah satu bahan material yang harus diperhatikan dengan baik dan tepat.

Banyak jenis genteng yang populer dikalangan masyarakat, seperti genteng beton dan genteng tanah liat. Penggunaan genteng beton masih jarang dijumpai di kalangan pemukiman masyarakat, mereka lebih sering menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat. Tapi apakah kamu sudah mengetahui perbedaan genteng beton dan genteng tanah liat? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

  • Kualitas dan Daya Tahan

Saat akan memilih genteng, kualitas dan daya tahan menjadi faktor utama dalam pertimbangan anda. Genteng beton dan genteng tanah liat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Genteng beton memiliki kualitas dan daya tahan baik, karena berahan dasar pasir, semen, dan bahan material berkualitas lainnya genteng beton tidak mudah pecah atau retak. Selain itu, genteng beton juga sangat tahan dalam berbagai cuaca, seperti hujan, salju, angin kencang, dan lainnya. Genteng beton juga memiliki sertifikasi yang menjamin kualitas dan ketahanannya.

Namun, genteng tanah liat juga memiliki daya tahan dalam jangka waktu yang Panjang, tetapi diperlukan perawatan khusus. Genteng tanah liat juga memiliki ketahanan isolasi termal yang baik, sehingga cocok untuk cuaca dingin dan panas.

  • Bentuk dan Tampilan

Genteng beton memiliki bentuk yang lebih modern dan minimalis. Bentuk dan tampilan yang minimalis menjadikan genteng beton lebih banyak digunakan untuk perumahan dibandingkan genteng tanah liat. Banyak dijumpai dikalangan masyarakat genteng tanah liat yang banyak digunakan adalah bentuk gelombang saja.

Selain bentuk, genteng beton juga tersedia dalam berbagai warna seperti hitam, merah, coklat, dan warna lainnya, sedangkan genteng tanah liat banyak terpasang warna natural atau alami tanah liat.

  • Perawatan

Genteng beton tidak memerlukan perawatan yang terlalu intens, karena genteng beton sudah dilapisi dengan cat yang anti jamur, lumut, dan anti bocor. Sedangkan untuk genteng tanah liat diperlukan perawatan yang lebih sering karena mudah ditumbuhi lumut dan jamur, genteng tanah liat juga cenderung lebih mudah rapuh.

  • Teknik Pemasangan

Pemasangan genteng beton dan tanah liat memiliki cara pasang yang berbeda. Genteng beton biasanya dipasng menggunakan cara overlapping, sedangkan genteng tanah liat dipasang menggunakan cara interlocking.

  • Proses Produksi

Genteng beton terbuat dari campuran air, semen, dan agregat seperti pasir atau kerikil. Adonan yang sudah tercampur dicetak menggunakan mesin, direndam dan kemudian dikeringkan. Sedangkan genteng tanah liat terbuat dari lumpur liat yang dibentuk genteng kemudian dikeringkan dan dibakar.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai perbedaan genteng beton dan genteng tanah liat. Genteng beton dan genteng tanah liat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga kamu perlu mempertimbangkan genteng mana yang lebih tepat untuk digunakan.

Jika kamu berminat untuk mengggunakan genteng beton, FJ Beton menyediakan genteng beton dengan kualitas bahan material terjamin dan tentunya dengan harga bersahabat.

Segera hubungi kami untuk konsultasi dan pemesanan

Website           : https://fjbeton.com/
Telepon          : +62 811 800 314
Lokasi             : CV GENTENG BETON FJ, Kp. Cilangkap, Cadassari, Tegalwaru, Purwakarta Regency, West Java 41165