FJ Beton

PERMASALAHAN PADA ATAP GENTENG DAN CARA MENGATASINYA

Produsen Genteng Beton dan Paving Block
COVER GENTENG BOCOR FJ BETON

Atap rumah tidak selalu terpasang secara baik, pastinya selalu ada permasalahan yang terjadi baik kebocoran genteng, nok yang rusak, atau bahkan permasalahan talang air. Hal tersebut tentunya mengganggu kita sebagai pemiliki rumah bukan. Dalam penjelasan kali ini, kita akan membahas berbagai permasalahan yang sering terjadi pada atap rumah dan solusi dalam mengatasinya.

  • Atap Genteng Bocor

Permasalahan utama pada atap rumah adalah kebocoran genteng. Saat hujan turun, genteng yang dipasang tidak baik akan mengalami kebocoran. Banyak sekali faktor yang menyebabkan bocornya genteng.

Pemasangan genteng yang kurang rapat akan menimbulkan air masuk pada celah-celah genteng. Genteng yang dipasang seharunya terikat kuat satu dengan yang lainnya sehingga pada saat adanya hujan dan angin besar, genteng tidak bergeser. Jiga genteng bergeser dan renggang, air yang masuk secara terus menerus akan menyebabkan plafon lapuk dan hancur.

Hal lain yang menyebabkan genteng renggang lain adalah, saat genteng sudah terpasang pekerja lain naik dan mengerjakan pekerjaan lain. Sehingga ada kemungkinan genteng yang sudah rapi terpasang, malah bergeser.

Cara menangani :

Pada saat pemasangan genteng harus diperhatikan secara detail. Genteng harus sudah terpasang baik, lurus dan tidak ada celah diantara genteng. Selain itu, sebaiknya tidak boleh ada pekerja yang melakukan pekerjaan lain setelah genteng terpasang karena akan mengakibatkan genteng bergeser juga genteng pecah karena terinjak.

  • Kerusakan Pada Nok

Untuk meminimalisir biaya, biasanya pemasangan pada dinding nok hanya diplester saja tidak dilapisi dengan pelapis lainnya. Akibatnya, karena terkena terik matahari dan terkena air hujan, dinding nok perlahan akan retak dan merusak struktur.

Cara menangani :

Pada saat pemasangan dinding nok, tambahkan pelapis yang mengandung bahan anti bocor atau waterproofing untuk melindungi permukaan nok. Jika sudah terlanjur retak, segerlah perbaiki dan tambal celah yang retak dengan mengoleskan bonding agent. Apabila retakan masih ringan, cukup tambahkan perekat pada retakan.

  • Talang Air Terlalu Kecil

Permasalahan selanjutnya adalah ukuran talang yang terlalu kecil. Pada saat pemasangan talang air, harus diperhatikan ukurannya. Talang air yang digunakan harus bisa menampung volume air hujan yang akan diterima.

Saat hujan turun, talang yang sempit akan memicu air masuk langsung ke plafon dan akan merusaknya. Seringkali terjadi penyumbatan pada talang sehingga air pada talang akan luber.

Cara menangani :

Pastikan ukurang talang air sudah diperhitungkan dengan volume air hujan yang akan diterima. Strutuk talang air juga harus benar, pada saat terisi air hujan, air harus langsung turun kebawah. Pada saat terjadi penyumbatan pada saluran talang air, harus cepat dibersihkan dari sampah, tanaman yang tumbuh atau lumut yang mengganggu saluran air.

Itulah penjelasan beberapa permasalahan atap genteng dan cara mengatasinya. Jika atap genteng mu masih mengalami kerusakan, segeralah ganti genteng mu dengan genteng FJ Beton. FJ Beton menyediakan genteng beton dan nok atau wuwung dengan kualitas dan bahan material terjamin tentunya dengan harga bersahabat. Genteng dan nok yang kami produksi sudah dilapisi bahan anti bocor, anti retak, dan anti jamur. Jadi kamu ga perlu khawatir lagi dengan genteng bocor atau retak.

Segera hubungi kami untuk konsultasi dan pemesanan

Website    : https://fjbeton.com/
Telepon   : +62 811 800 314
Lokasi      : CV GENTENG BETON FJ, Kp. Cilangkap, Cadassari, Tegalwaru, Purwakarta Regency, West Java 41165